(Sistem Laporan Yang Tersegmen)
Segmen adalah setiap bagian dari suatu perusahaan di mana mengakibatkan manajer mencari data โ data biaya โ biaya di bagian yang bersangkutan.
Alasan seorang manajer mencari data laporan segmen :
- Ada kemungkinan 1 divisi atau lebih kurang efektif cara kerjanya
- Ada kemungkinan satu produk kurang mendapat pasar.
- Satu daerah pemasaran mungkin kurang baik dibanding dengan bagian yang lain.
Manfaat Segmented Reporting :
- Manajer dapat menyelidiki secara seksama kecenderungan setiap segmen apakah akan memberikan prospek lebih baik atau tidak. Dengan demikian manajer memperoleh wawasan yang luas untuk setiapsegmen.
- Laporan disegmented untuk keperluan intern perusahaan.
Di Dalam Laporan Segmen Ada 2 Macam :
1. Common Fixed Cost
Biaya yang tidak dapat dikaitkan langsung atau ditelusuri langsung pada segmen tertentu, dan biaya tetap ini timbul karena aktivitas perusahaan secara keseluruhan (dinikmati bersama oleh segmen yang ada).
mis : Gaji Penyelia/Supervisor Pabrik
2. Direct Fixed Cost
Biaya yang dapat dikaitkan atau ditelusuri langsung pada segmen tertentu.
Mis : penyusutan peralatan segmen (Untukk produk tertentu).
Petunjuk praktis apakah biaya tetap itu masuk Direct Fixed Cost ataukah Common Fixed Cost, apabila segmen itu dihapus kemudian biaya tetap itu hilang maka biaya tetap itu masuk Direct Fixed Cost.
Segmen Margin adalah margin yang tersedia untuk menutupi direct costnya yang terdiri dari variabel dan Direct cost.
No comments:
Post a Comment